Cara Mengurus ATM Mandiri yang Hilang Tanpa Surat Kehilangan dengan mudah

www.hotelkuy.id - Sebelumnya saya turut berduka cita, kamu yang sabar yaa.. karena saya tahu pasti kartu ATM kamu lagi hilangkan. Tidak usah panik ataupun risau hehe karena disini saya akan memberikan langkah-langkah cara mengurus ATM mandiri dan ATM lainnya yang hilang itu.

cara mengurus atm mandiri bri bca yang hilang
Mengurus ATM yang hilang

Saya menulis artikel ini karena saya sendiri juga pernah kehilangan ATM mandiri saya saat pulang dari hotel, biasanya di hotel itukan menggunakan kartu kunci masuk yang dimasukkan lubang di belakang pintu untuk power pada kamar hotel, namun karena saya memakai kartu ATM saya, jadi saya menghilangkan kartu ATM saya entah di kamar hotel atau di mana, dan saya baru sadar saat sudah sampai di rumah.


Karena tidak punya cukup waktu banyak akhirnya saya mencoba mengurus sendiri dengan menghubungi pihak bank mandiri melalui telepon. Nah dari situ saya bisa mengurus lagi untuk mendapatkan kartu ATM baru saya dan mempunyai pengalaman mengurus sendiri atm yang hilang.


Selain ATM hilang ada juga beberapa kasus jika ATM ditelan oleh mesin ATM. Hal itu bisa terjadi karena mungkin bisa saja kamu kelupaan setelah habis mengambil uang dan tidak mengambil kartu ATM yang ada di mesin itu jadi otomatis mesin akan memakan  atau menelan kartu ATM kamu agar tidak diambil orang lain.

Nah.. Berikut saya uraikan beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengurus kartu ATM yang hilang dengan mudah dan sesuai dengan prosedur.

1. Hubung Pihak Bank

nomor costumer service bank mandiri
cs bank mandiri via Google

Hal yang pertama kamu bisa menelpon customer service pihak bank yang bersangkutan, kamu bisa mencari nomor customer service itu pada situs resmi bank tersebut yang bisa dicari di Google. Cara ini juga mudah dilakukan, kamu tidak usah terlalu panik saat nelponnya dan pastikan pulsamu cukup banyak agar tidak kehabisan saat kamu menjelaskan.

Mintalah untuk memblokir dahulu Kartu ATM kamu, karena ATM sendiri sangat penting dan beresiko jika jatuh di tangan orang yang jahat, bisa saja mereka mengambilnya dan mencoba mengambil uang kita, apalagi banyak orang yang menggunakan PIN kartu ATM mereka dengan nomor KTP ataupun tanggal lahir, dan itu bisa dilihat jika kamu juga kehilangan dompet bersama KTP kalian.

Untuk melakukan pemblokiran ATM kamu, kamu harus menyediakan nomor rekening kamu yang biasanya ada di buku tabungan Bank dan beberapa data lainya yang akan diminta. Alasan melakukan pemblokiran ya seperti yang saya jelaskan tadi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada uang yang ada di ATM kamu.

Walaupun ATM kamu sudah diblokir kamu masih bisa membukanya lagi jika ATM kamu ternyata sudah ketemu, jadi silakan hubungi lagi customer service bank terkait dan minta untuk dibuka blokirnya. Nah pastikan juga bahwa ATM kamu memang hilang dan tidak dapat kamu temukan lagi agar tidak repot sendiri dan merepotkan customer servie bank.

Sekedar Tips

Untuk masalah kartu ATM yang tertelan sebaiknya berhati-hati, karena ada beberapa kasus yang saya dengar di ATM di tempelkan nomor customer service palsu yang isinya adalah nomor penipuan. Kamu akan dimintai nomor pin kamu untuk kemudia orang jahat mengambil isi saldo yang ada pada rekening kmu, jadi harus berhati-hati saat mencari nomor bank terkait dan pastikan itu adalah situs resminya.

2. Amankan Saldo Rekening

transfer uang dengan online bank mandiri
Mandiri Online

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk pergi ke bank kamu bisa melakukan tindakan pertama yaitu dengan mentransfer semua saldo rekening kamu ke rekening teman atau keluarga terlebih dahulu. Caranya kamu bisa menggunakan layanan SMS banking ataupun Internet Banking yang sebelumnya sudah kamu regristrasi dahulu saat pembuatan buku rekening.

Kamu bisa mentransfer sekitar 90% dari uang yang ada di rekening,  karena untuk jaga-jaga ketika ternyata ATM kamu tidak hilang maka kamu tidak mendapat potongan yang banyak lebih banyak dari biaya transferan itu.

Cara ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dari customer service palsu ataupun orang jahat yang menemukan kartu ATM kamu sehingga saldo kamu akan aman dan tidak dikuras habis oleh mereka.

3. Buat Surat Kehilangan

cara membuat surat kehilangan kartu atm
buat surat kehilangan

Banyak orang yang malas dan takut untuk membuat Surat Kehilangan di Kantor Polisi. Tenang saja membuat surat kehilangan di kantor polisi tidak ribet dan tidak membutuhkan biaya sedikitpun, kamu hanya dimintai buku tabungan dan kartu KTP atau SIM kamu. Namun sebelumnya kamu harus potokopi terlebih dahulu KTP dan Buku Tabungan kamu untuk dijadikan data. Biasanya juga di kantor polisi ada tempat untuk fotokopi jadi tidak usah keluar lagi dari sana, biayanya gk sampe seribu rupiah.

Kalau bisa kamu datang sendiri dan tidak diwakilkan karena akan sedikit ribet jika kamu menyuruh orang lain untuk membuat surat kehilangan, karena akan dimintai surat kuasa yang ditandatangani dengan materai. Selain itu dengan kamu datang sendiri kan bisa juga menjelaskan kenapa ATM kamu hilang dan akan lebih mudah dan cepat prosesnya.

Berikut contoh percakapan saya dengan polisi saat membuat surat kehilangan

+ Polisi : Selamat siang pak ada yang bisa kami bantu.

+ Saya : Jadi gini pak saya ingin membuat laporan Surat Kehilangan ATM saya yang hilang.

+ Polisi : Bisa dijelaskan pak bagaimana kartu ATM anda hilang dan apakah sudah benar-benar mencarinya dengan teliti sebelumnya?

+ Saya : Iya pak saya sudah mencarinya dengan teliti dan memang saya ya tidak bisa menemukan kartu ATM saya lagi, sehingga saya akan mengurusnya di bank.

+ Polisi : Bisa dijelaskan juga kapan bilangnya dan di mana kira-kira daerah tempat anda kehilangan ATM tersebut.

+ Saya : Saya kehilangan ATM saat hari Senin sore di daerah Gunung Sari, Balikpapan tengah.

Begitulah kira-kira percakapan saya ketika di kantor polisi dan kamu bisa menjawab pertanyaan polisi seperti kapan ATM itu hilang dan di daerah mana kira-kira ATM kamu hilangnya.

Kemudian polisi akan meminta berkas seperti fotocopy buku tabungan dan KTP tadi kamu untuk dibuatkan surat kehilangan. Membuatnya juga gratis kamu tidak akan dimintai uang sepeserpun dan prosesnya cepet tidak sampai 10 menit akan jadi dan kamu bisa membawanya ke bank terkait.

4. Pergi ke Bank Terkait

foto costumer service bank mandiri perempuan
CS Bank Mandiri
 Selanjutnya jika sudah membuat surat kehilangan kamu siap beraksi, kamu bisa langsung pergi ke bank terkait dengan membawa buku tabungan kamu dan kartu tanda penduduk atau KTP, ingat juga untuk pergi ke bank saat jam kerja jangan sampai kamu telat datang karena biasanya bank hanya sampai sore saja.

1. Pertama kamu bisa menanyakan ke security atau satpam dahulu untuk masalah kamu sehingga akan diarahkan ke customer service, namun biasanya akan diberikan kartu antrian terlebih dahulu. Jadi kamu bisa mengantri dahulu sembari duduk di sana dan melihat-lihat cewe cakep.

2. Jika sudah kamu langsung saja pergi ke customer service dan menjelaskan satu-persatu apa masalah kamu dan kira-kira seperti ini percakapanya

Di mulai dengan CS Bank mengajak salaman hangat dan menyuruh kamu duduk manis di depanya

- CS Bank : Selamat siang mas ada yang bisa saya bantu :)

- Saya : Emmm eeh ini (salting) :v ... Jadi begini Mbak saya ingin melakukan pembuatan kartu ATM baru karena kartu ATM saya kemarin hilang

- CS Bank : Apakah masnya sudah tau dan membawa syarat serta surat kehilangan dari polisi?

- Saya : Sudah mbak, ini saya sudah membawa buku tabungan saya dan surat kehilangan dari pihak polisi

- CS Bank : Aaahh.. Masnya kok manis banget sih :D

- Saya : Aduuh.. mbak ini, malah gombal saya.. sayakan kan lagi kesusahan atuh..

- CS bank : Hehe.. Maaf mas bercanda aja biar sayang akrab, okedeh saya akan membantu mengurus ATM baru untuk masnya lagi.

Kira-kira seperti itu percakapannya kalau saya tidak salah sih hehe...

3. Setelah itu kamu bisa mengisi formulir yang diberikan, dan mengisinya seperti nama ibu kandung, alamat rumah, nomor telepon, nomor KTP, nomor rekening dan lain-lainnya.

4. Setelah selesai maka kartu ATM baru kamu akan dibuat dan dicetak, kamu harus menandatangani ATM kamu yang baru itu

5. Setelah itu kamu akan disuruh pergi ke tempat pembuatan pin ATM baru kamu, langsung saja pergi ketempat yang telah diarahkan dan buat PIN ATM kamu sebanyak 6 digit.

Sekedar tips jika kamu ingin mengurus kartu ATM yang hilang tanpa surat kehilangan, kamu bisa saja mengaku kartu ATM kamu ditelan bukan karena hilang haha... Karena kamu tidak akan dimintai surat kehilangan itu, namun tentu saja kamu akan mendapatkan dosa karena telah berbohong cuk :')

Kesimpulan


Mengurus kartu ATM yang hilang sebenarnya mudah dan tidak usah panik jika kamu tahu prosedur dan tata caranya yang benar. Kamu kamu harus tetap berhati-hati yaa dan waspada karena banyak kasus penipuan dan banyak orang yang memanfaatkan keadaan susah kamu seperti kehilangan kartu ATM itu yang akan merugikan kamu sendiri jika tidak teliti.

Seperti kasus tadi  nomor customer service yang ada di mesin ATM dan itu ternyata palsu, jadi walaupun ada di mesin ATM kamu tetap harus mengecek keasliannya di website asli bank yang bersangkutan.

Demikian cara mengurus kartu ATM yang hilang, walupun ini kasusnya ATM Mandiri yang hilang, tapi untuk ATM selain mandiri seperti BCA dan BRI caranya kurang lebih juga sama kok.. Kamu juga harus membuat surat kehilangan di kantor polisi terlebih dahulu.

Semoga artikel ini dapat membantu teman teman ya.. Sekian dan Terima Kasih telah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengurus ATM Mandiri yang Hilang Tanpa Surat Kehilangan dengan mudah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel