Cara Check In Hotel Secara Langsung Bagi Pemula dan Peraturan Hotel untuk Tamu

www.hotelkuy.id - Mungkin ada yang belum pernah sama sekali check in hotel atau memesan hotel dalam hidupnya, sehingga bingung bagaimana tata cara check in hotel yang benar. Hotel sendiri bermacam-macam kelasnya ada yang mulai dari kelas bawah seperti hotel bintang 1 ataupun hotel melati yang fasilitasnya cukup untuk tidur saja sampai hotel-hotel berbintang 5 yang memiliki fasilitas lengkap dan mewah.

cara cekin hotel secara langsung bagi pemula
cara cekin hotel

Tentu saja harganya juga berbeda, untuk harga hotel kelas melati biasanya hanya 100 ribuan sampe 200 ribuan, sedangkan hotel berbintang 3 sampai hotel bintang 5 harganya mulai 200 ribuan sampe jutaan rupiah tergantung fasilitas hotel tersebut.

Tentunya juga berbeda cara check in hotel yang berbintang 1 dan berbintang 5, setiap Hotel memiliki standar peraturan untuk menerima tamu yang berbeda-beda, mulai dari jam check in-nya ataupun peraturan lainnya yang ada di hotel tersebut berbeda-beda.

Namun secara umum memesan Hotel ada beberapa tata caranya yang akan saya bahas disini, dengan anda tahu tata cara check in hotel yang benar maka anda tidak akan grogi dan tidak akan takut memesan Hotel sendiri secara langsung.

Sebelumnya kamu bisa mengecek hotel di daerah yang ingin kamu kunjungi dan bisa melihat lihat daftar hotel yang ada di sekitar daerah tersebut.

1. Memesan Hotel
cara pesan kamar hotel di traveloka
traveloka
Biasanya memesan hotel dengan online ataupun memesan jauh-jauh hari sebelum tanggal checkin yang ditentukan, akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada Anda memesan dengan langsung di hotel tanpa di jadwalkan dahulu. Jika kamu sudah memesan hotel dan sudah tiba saat waktu kamu ingin menginap di hotel tersebut maka datang saja ke hotel dan pergi ke bagian resepsionis.

Waktu yang cocok untuk check in Hotel biasanya adalah jam 2 siang karena pada jam tersebut semua kamar hotel sudah ready dan siap untuk dimasuki tanpa kamu harus menunggunya lagi. Tetapi jika kamu ingin memesan check in hotel jam 10 pagi misalnya, bisa saja dengan cara memesan jauh jauh hari dan memberi info tambahan tentang waktu checkin kamu.

2. Resepsionis

Resepsionis hotel
Resepsionis

Resepsionis biasanya ada di depan pintu masuk hotel atau di lobby hotel, di situ ada beberapa orang yang menerima tamu untuk melakukan proses pemesanan kamar dan kamu langsung saja pergi ke sana untuk menanyakan status kamar yang telah kamu pesan sebelumnya. Jangan ragu untuk bertanya karena resepsionis Hotel biasanya sangat profesional dan tahu apa yang kamu butuhkan di sana. Kamu harus menandatangani surat check in kamar dan memberikan beberapa uang deposit.

3. Uang Deposit

uang deposit hotel
Uang Deposit

Biasanya untuk kelas hotel berbintang kamu diwajibkan membayar uang deposit untuk disimpan sementara dan bisa diambil setelah kamu check-out dari hotel tersebut, fungsi uang deposit adalah untuk jaminan bahwa kamu tidak mengambil beberapa macam fasilitas hotel yang tidak boleh dibawa pulang oleh tamu.

Untuk jumlah uang deposit sendiri tidak menentu ada yang mulai dari rp50.000 untuk hotel bintang 3 dan sampai rp100.000 untuk hotel bintang 4, tapi itu semua tergantung kebijakan pihak hotel sendiri. Setelah kamu bayar deposit kamu akan diberikan kunci kamar kamu yang bisa digunakan untuk membuka kamar dengan nomor kamar yang telah ditentukan.

4. Masuk Kamar Hotel

kamar hotel
Kamar Hotel

Setelah kamu melakukan proses pemesanan kamar dan mendapatkan kunci masuk kamar, lihatlah kamar berapa yang kamu dapatkan dan carilah lift ataupun tangga untuk pergi ke lantai kamar tersebut. Jika kamu kebingungan jangan ragu untuk bertanya kepada bellboy ataupun security yang biasanya ada di lobby hotel, mereka pasti akan membantu dan mengantarkan kamu. Kamu bisa memberikan beberapa uang tip jika kamu mau, mulai dari rp10.000 ataupun sampai 50.000 juga tidak masalah tapi itu tidak wajib.

5. Kunci Kamar Hotel

Kunci kamar hotel
Kunci kamar hotel

Kunci kamar hotel biasanya menggunakan kartu seperti kartu ATM, biasanya ada yang menggunakan sistem tempel saja di depan pintu maka pintu kamar akan terbuka, dan ada juga yang menggunakan sistem seperti memasukkan kartu kunci kemudian menariknya lagi pada pintu kamar hotel sampai ada indikator lampu berwarna hijau.

Selain itu fungsi kartu kamar hotel juga untuk menyalakan sumber listrik dengan cara memasukkannya di lubang belakang pintu yang telah disediakan, jika kamu mencabut kartu tersebut maka listrik di gambar kamu akan padam dan AC juga akan mati. Jangan sampai menutup pintu kamarmu dari luar jika kuncimu sedang digunkan untuk menyalakan sumber listrik, karena kamu tidak akan bisa masuk kamar kamu.

tempat menyalakan listrik kamar hotel
Tempat menyalakan listrik
Jika kamu terlanjur menutup pintu kamar tapi kunci kamar kamu tertinggal di dalam, kamu harus pergi ke resepsionis atau meminta housekeeping untuk membuka kamar kamu, biasanya pihak housekeeping atau roomboy yang membersihkan kamar memiliki kunci master yang bisa digunakan untuk membuka semua kamar.

6. Aturan Di Hotel Untuk Tamu

Beberapa peraturan di hotel untuk tamu adalah kamu harus memperhatikan kamar yang telah kamu pesan, ada kamar yang berjenis smoking dan non smoking. Kamar yang berjenis smoking biasanya untuk kamu yang merokok dan ada asbak di dalam kamar tersebut sehingga kamu bebas merokok di dalam kamar.

Karena untuk kamar yang non smoking kamu bisa di denda jika ketahuan merokok karena di dalam kamar ada alat pendeteksi asap yang bisa mendeteksi kamu gak merokok di dalam kamar, alat tersebut juga bisa untuk mendeteksi kebakaran di dalam kamar kamu. Tentu saja jika ketahuan merokok kamu akan di-charge atau dikenakan biaya tambahan karena kesalahan kamu sendiri tidak mematuhi peraturan hotel.

Kamu juga tidak boleh membuat noda di perlengkapan tidur kamu seperti sprei, selimut, ataupun bantal, jadi usahakan jika sedang makan ataupun yang lainnya jangan sampai mengotori ranjang tempat tidur kamu apalagi sampai menimbulkan warna yang cerah dan tidak bisa dihilangkan. Berlaku juga untuk handuk jangan kamu gunakan handuk untuk mengelap sesuatu yang kotor dan menimbulkan bekas seperti bekas lipstik dan lain-lain.

7. Fasilitas Hotel Untuk Tamu

Compiment hotel
Compiment hotel
Barang-barang Hotel jangan juga kamu bawa, memang ada beberapa barang hotel yang dapat di bawah oleh tamu seperti slipper atau sendal, compliment air minum, dan teh atau kopi, serta bahan-bahan kamar mandi seperti sampo, sabun, dan moisturizer. Kamu tidak boleh membawa fasilitas hotel seperti handuk yang ada di kamar ataupun membawa cangkir dan lain-lain.

8. Mini Bar
mini bar hotel
mini bar hotel

Biasanya di kamar hotel berbintang 4 ada mini bar atau jajanan yang ada di meja dekat TV dan kulkas, itu sebenarnya adalah barang yang dijual oleh pihak hotel dan kamu diwajibkan membayar jika kamu makan jajanan yang ada di mini bar tersebut, telitilah melihat sesuatu biasanya disitu terletak harga yang harus dibayarkan dan harganya cukup mahal untuk barang-barang yang biasa kamu temui di supermarket. Untuk air minum dan teh kopi, itu adalah compliment bisa kamu konsumsi secara gratis, bahkan bisa meminta nya lagi jika kurang.

9. Cara Breakfast Di Hotel

cara breakfast di hotel
Breakfast hotel
Cara sarapan di hotel atau breakfast, biasanya dalam pemesanan hotel terdapat paket termasuk breakfast di hotel secara gratis, caranya saat pagi hari, usahakan pergi ke restoran sebelum jam 10 pagi untuk sarapan disana. Kamu cukup membawa kartu kamar kamu atau voucher jika diberi saat check in dan kamu bisa memilih makanan yang kamu suka disana sepuasnya karena disini seperti makanan prasmanan.

Ambilah secukupnya saja saran saya, walaupun banyak dan bisa kamu makan semua, usahakan jangan menyisakan makanan di piring kamu, jangan pula membawa makanan keluar dari restoran karena itu dilarang. Untuk gratis sarapan biasanya hanya untuk dua orang saja, dan untuk anak kecil bisa di kenakan biaya tambahan.

10. Laundry Hotel dan Akses Hotel

sign dnd hotel
Sign DND

Jika kamu ingin mencuci pakaianmu dihotel itu bisa dilakukan, kamu bisa menelpon saja dan masukan pakaianmu ke dalam laundry bag yang telah disediakan, jangan lupa mengisi formulir dan tanda tangan. Perlu diketahui, setiap pagi jam 8 biasanya pihak roomboy akan mengetuk kamar kamu untuk mengecek loundry dan status kamar kamu.

Jika 3 kali kamu tidak membuka kamar, maka roomboy berhak membuka kamar kamu menggunakan kuncinya sendiri dan memeriksa loundry kamu, itu memang peraturan hotel dan kamu tidak usah takut, karena di setiap koridor kamar ada cctv yang merekam siapa saja yang masuk kedalam kamar kamu.

Jika kamu tidak ingin di ganggu saat pagi hari, kamu bisa menggantung sign tanda DND (Do Not Disturb) atau jangan ganggu yang bewarna merah pada gagang pintu kamarmu yang diluar, dan mengunci kamar mu dari dalam, maka tidak ada yang bisa masuk kamar kamu.

11. Bolehkah Memesan Go Food di Hotel

Mungkin kamu sedang lapar dan ingin makan namun karena di restoran di hotel biasanya makanannya sangat mahal jadi kamu ingin makan yang ada di luar saja, sebenarnya kamu bisa saja memesan lewat go-food ataupun grabfood dari hotel, namun saat kamu ingin mengambil pesanan tersebut kamu harus turun kebawah dan menunggunya di depan lobby karena go-food ataupun grabfood tidak boleh masuk sampai ke depan pintu kamar kamu.

Kamu juga bisa meminta bantuan pihak hotel untuk mengambilkan pesanan makanan kamu jika kamu memang tidak ada waktu untuk ke bawah, kamu bisa gunakan fasilitas telepon yang ada di samping ranjang kamu untuk menelepon pihak resepsionis agar dibantu mengambilkan pesanan makanan di go food tersebut, biasanya yang akan mengantar adalah pihak bellboy ataupun housekeeping, jangan lupa kamu memberi beberapa tips untuk rasa terima kasih.

12. Bolehkah Membawa Tamu di Hotel

Mungkin kamu bingung apakah boleh membawa tamu masuk ke kamar hotel yang telah kamu pesan. Di hotel sendiri ada beberapa peraturan yang berbeda-beda, tapi pada umumnya untuk setiap kamar maksimal tamu yang boleh masuk adalah 3 sampai 4 orang tapi ada juga yang batas maksimalnya hanya 2 orang untuk menginap.

Kamu bisa saja bawa temanmu ataupun siapapun lainnya untuk ke kamar hotel kamu, bisa saja kamu jemput di lobby ataupun suruh dia masuk sendiri lewat lift untuk pergi ke kamar kamu. Ooh iya, jangan membuat kamar kamu terlalu berantakan ya, karena kita di hotel sendiri juga ada tata krama nya, usahakan membuang sampah di tempat sampah yang telah disediakan dan jangan menghambur-hamburkan barang-barang yang ada di kamarmu.

13. Jam Check out Hotel

Untuk waktu check out Hotel kamu harus tepat waktu jika tidak ingin dikenakan biaya tambahan, jam check out Hotel biasanya ada tertulis di kartu check in kamu, ataupun kamu bisa menanyakannya ke resepsionis. Batas check out dari kamar hotel sendiri berbeda-beda ada yang jam 12 siang ataupun 1 siang tergantung kebijakan hotel masing-masing.

Sebelum check out usahakan tidak ada barang yang tertinggal dan pastikan tidak ada juga barang hotel yang hilang ataupun kamu bawa selain beberapa barang yang memang bisa kamu bawa yang dijelaskan di atas tadi, dan pastikan juga tidak ada barag hotel yang hilang atau rusak.

Biasanya saat kamu ingin check out, kamar akan dicek terlebih dahulu kamar yang telah kamu tinggalkan dan melihat beberapa jajanan makanan mini ber ada, ada yang kamu makan atau tidak. Kamu biasanya harus membayar makanan yang telah kamu makan di mini bar di resepsionis hotel saat kamu akan check-out. Setelah kamu Check out kamu akan mendapatkan uang deposit kamu kembali dan bisa keluar dari hotel.

Itulah beberapa tata cara check in hotel secara langsung bagi pemula dan aturan yang ada di hotel untuk tamu, jadi kamu tidak usah bingung lagi dan takut lagi saat ingin check in di hotel sendiri. Beberapa tips diatas adalah murni dari pengalaman saya sendiri saat bekerja di hotel dan check in di hotel sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Check In Hotel Secara Langsung Bagi Pemula dan Peraturan Hotel untuk Tamu"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel